FILOSOFI CATUR TENTANG KEHIDUPAN



1. Pion, walau paling kecil. Langkahnya tidak pernah mundur, ia terus maju.

“Menjadi sebuah pelajaran bahwa walaupun diri kita kecil, mungkin saja diremehkan orang lain. Namun kita terus maju, selangkah demi selangkah untuk menggapai harapan kita. Seolah tidak ada kata takut, atau menyerah dalam kehidupan kita.”

2. Setiap langkah yang kita tentukan, menentukan langkah ke depan akan terjadi seperti apa.

“Tentang tujuan hidup, tentang tujuan dari setiap tindakan kita. Entah sadar atau tidak sadar, bahwa apa yang kita lakukan sekarang maka hal itulah yang akan menjadi penentu di masa depan kita.”

3. Langkah di kotak hitam atau kotak putih, semua mempunyai konsekuensi tersendiri.

“Ini tentang pilihan yang kita ambil, sebuah pilihan yang terkadang kita anggap sepele. Karena memang sejatinya setiap pilihan punya manfaat dan resiko tersendiri, bisa saja kita akan jatuh bisa juga kita akan maju.”

4. Raja bisa mati dengan bidak apapun dari lawan, tak peduli itu pion ataupun yang lainnya.

“Ini tentang penyebab gagalnya kita, kita bisa jatuh dari banyak kemungkinan. Bahkan hal sepele pun bisa membuat kita jatuh, jika kita menyepelekannya. Maka kita memang harus waspada dengan semua hal di sekitar kita.”

5. Bidak ratu, bidak yang terasa sangat penting. Bidak yang bisa berjalan ke arah mana saja. Terasa berharga, apalagi jika mati duluan. 

“Di dunia ini memang ada sosok yang sangat kita anggap penting, entah itu yang ada di hati kita, dalam perkerjaan kita, atau teman kita. Ia yang seolah bisa melakukan banyak hal, jika tiada dia seolah kita kurang bersemangat dan kemungkinan berhasil itu kecil.

6. Benteng jalannya lurus, menteri jalannya miring. Ratu bisa ke segala arah, namun juga tidak bisa seperti kuda.

“Ada hal yang memang menjadi kemampuan dan kelebihan kita, namun sebaliknya memang ada banyak hal yang tidak bisa kita lakukan. Sehebat apapun diri kita, kita memang mempunyai kekurangan.”

7. Setiap bidak punya perannya masing-masing, punya jalannya masing-masing. 

“Setiap dari kita memang punya peran masing-masing, kita mempunyai kemampuan sendiri-sendiri. Kita tidak sama dengan orang lain, walau kadang kita memang ingin bisa seperti orang lain. Semua memang harus sesuai kemampuannya agar ia mampu berhasil.”

8. Menang dan kalahnya dalam permainan, hal itu tentang strategi dan pengalaman.

“Dalam hidup ini kita berhasil atau tidak dalam melakukan sesuatu memang berkaitan dengan rencana dan strategi kita. Jika kita mau terus belajar dan berlatih niscaya kita lebih dekat dengan keberhasilan. Mau belajar dari pengalaman, dan intinya mau mencoba agar kita memang bisa punya pengalaman.”

9. Tidak lain yang utama dalam permainan ini adalah kecermatan dan kesabaran.

“Beginilah hidup, kita harus cermat dalam berbuat, hati-hati dalam melihat peluang dan tantangan. Untuk menghadapinya pun harus sabar dan tidak tergesa-gesa. Langkah terbaik memang dilakukan dengan kesabaran dan ketenangan.”

0 Response to "FILOSOFI CATUR TENTANG KEHIDUPAN"

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari AJP Creations Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.